Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakanpendekatan organisasi dan sosiologi yaitu Toleratin merupakan bagian dari Akomudasi, (Sebagai suatu usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan, yaitu untuk mencapai kestabilan). pendekatanyang digunakan adalah analisis historis yang bertujuan untuk melihat sejarah berdiri danperananorganisasi PITI Padang dalam mempercepat pembauran. Penulis mewawancarai informan dan mencaridokumentasi lainnya yang mendukung untuk sumber data.Peran PITI Padang sangat diperlukan oleh etnis Tionghoa baik yang muslimmaupun non-muslim. Bagi Muslim Tionghoa, PITI sebagai wadahsilaturrahmi, untuk saling memperkuat semangat dalam menjalankan agama Islam. Bagi etnis Tionghoa non-Muslim,PITI menjadi jembatan antara mereka dengan umat Islam.Bagi pemerintah, PITIsebagai komponen bangsa yang berperan strategis sebagai jembatanpenghubung antar suku dan etnis,untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara KesatuanRepublik Indonesia. Usaha pembauran yang dilakukan PITIdalam kalangan etnis Tionghoa Muslim di Kota Padang, seperti jalur Kontak kerjasama, perdagangan, keagamaan, pola pemukiman, organisasi, perpolitikan, berganti nama atau tukar identitas, seni, budaya, penggunaan bahasa, pendidikan, dan pernikahan.

Keywords

Oraganisasi PITI Proses Pembauran Etnis Tionghoa

Article Details

How to Cite
Nofra, D., & Auliahadi, A. (2019). ORGANISASI PITI DALAM MEMPERCEPAT PEMBAURAN ETNIS TIONGHOA MUSLIM DI KOTAPADANG. Khazanah, 41-50. https://doi.org/10.15548/khazanah.v0i0.189

References

    AD/ART PITI tahun 2012-2017.
    Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, Melacak Akar-akar Pembaharuan Pemikiran Islam, Bandung: Mizan, 1994.
    Badan Pusat Statistik Kota Padang (Statistics Padang 2013).Tentang Keberagaman Agama di Kota Padang.
    Baqir, Zain, Etnis Cina dalam Potret Pembauran di Indonesia, Jakarta, Prestasi Insan Indonesia, 2000.
    Erniwati, Cina Padang dalam Dinamika Masyarakat Minagkabau Dari Reformasi Hingga Reformasi, Ilmu Budaya UNP. Depok, 2011.
    Erniwati, Komunitas Tionghoa di Sumatera Barat, Yokyakarta, Ombak, 2007.
    Gunawan, Adi. 2003Kamus Cerdas Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.
    Junus, Jahja, Zaman Harapan Bagi Keturunan Tionghoa, Jakarta, Yayasan Ukhuawah Islamiyah, 1984.
    Liem, Yusiu, Prasangka Terhadap Etnis Cina, Jakarta, Jambatan, 2000.
    Shamad, A Irhash, Ilmu Sejarah, Jakarta: Hafya Press, 2004
    Suryadinata, Leo.Etnis Tionghoa dan Pembangunan Bangsa. Jakarta: LP3ES, 1999
    Zein, Abdul Baqir, Etnis Cina dalam Potret Pembauran di Indonesia, Jakarta, PrestasiInsan Indonesia, 2000.