Persatuan Mahasiswa Islam Patani Thailand Indonesia (PMIPTI) Kota Padang Dalam Mempertahankan Eksistensi Budaya Melayu

Main Article Content

Doni Nofra
Inggria Kharisma

Abstract

PMIPTI adalah sebuah organisasi mahasiswa Patani Thailand yang ada di Indonesia, organisasi ini didirikan untuk menyatukan mahasiswa Patani yang menuntut ilmu ke Indonesia. Organisasi ini suda memiliki beberapa cabang di seluruh Indonesia, juga salah satunya di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan untuk melihat usaha yang dilakukan anggota PMIPTI dalam mempertahankan budaya Melayu di Indonesia khususnya di Padang. Penelitian ini dilaksanakan berkaitan dengan hasil diskusi penulis dengan beberapa orang anggota PMIPTI Padang tentang kondisi keberadaan mereka di Indonesia khususnya di Padang, begitu juga berkaitan dengan kampung halamannya Thailand Selatan Patani. Keberadaan anggota PMIPTI di indonesia khususnya Padang, tidak hanya berkumpul-kumpul saja melainkan juga mencapai satu misi untuk mempertahankan budaya Melayu yang di Patani hari ini sudah banyak dihilangkan bahkan generasi muda Patani hari ini banyak yang tidak mengenal budaya Melayu yang merupakan jati diri Patani dahulunya. Mulainya hilang budaya Melayu di Patani salah satunya disebapkan oleh kebijakan pemerintahan Thailand yang ingin menghilangkan budaya Melayu yang pernah ada di Thailand. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah Thailand adalah melalui program pendidikan yang menggunakan bahasa Thai dalam kurikulumnya. Selain itu, anak-anak Patani sedikit sekali mendapatkan pencerahan berkaitan budaya Melayu. Untuk mempertahankan budaya Melayu Patani, PMIPTI Padang berusaha untuk mengulang dan mempelajari agar budaya mereka tetap bisa dipertahankan. Salah satu usaha yang dilakukan PMIPTI Padang adalah melakukan pembinaan bahasa Melayu bagi anggota PMIPTI, membudayakan berpakayan Melayu di setiap acara PMIPTI dan kegiatan lainnya. Kegiatan ini dilakukan PMIPTI padang agar mereka bisa mengetahui bagaimanabudaya mereka dahulunya sangat baik, namun hari ini sudah mulai hilang dan tidak ada lagi.

Article Details

How to Cite
Nofra, D., & Inggria Kharisma. (2020). Persatuan Mahasiswa Islam Patani Thailand Indonesia (PMIPTI) Kota Padang Dalam Mempertahankan Eksistensi Budaya Melayu. Khazanah, 10(1), 127-138. Retrieved from https://rjfahuinib.org/index.php/khazanah/article/view/261
Section
Articles

References

Ahmad Subkhi, 2013, Pengantar Teori dan Perilaku Organisasi, Jakarta, Prestasi Pustaka.
Arni Muhammad, 2014, Komunikasi Organisasi, Jakarta, Bumi aklsara.
Ahmad Fathy Al-Fatani, 1994, Pengantar SejarahPatani, Alor Setar: Pustaka Darussalam.
Amir Hama, Reprentasi Budaya Organisasi Mahasiswa Islam Patani Thailand Selatan, TesisPDF, diperoleh dari:https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/54146/Representasi-budaya-organisasi-mahasiswa-Islam-Patani-Selatan-Tailand-di-daerah. Diakses pada 12-11-2017, 20.19 WIB
Amir Hama, Representasi Budaya Organisasi Mahasiswa Islam Patani Thailand Selatan, TesisPDF, diperoleh dari:https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/54146/Representasi-budaya-Organisasi-Mahasiswa-Islam-Patani-Selatan-Tailand-Di-Daerah. Diakses Pada 12-11-2017, 20.19 WIB.
Farit Mat Zain dan Zulkarnain Mohamed, Muslim Selatan Thai: Konflik dan Perjuangan, Selangor: Karisma Publications Sdn. Bhd. Shah Alam.
Farit Mat Zain, 1998, Minoriti Muslim di Thailand, Selangor: L Minda Sdn.
Farid Mat Zain, 2008, Muslim Selatan Thai, Konflik dan Perjuangan, Malaysia, Kharisma Produktion.
Farid Mat Zain, 1998, Minoritas Muslim di Thailand, Selangor, Minda Bandar Baru.
Joseph Chinyong Liow, 1968, Islam, Education and reform in Southen Thailand.Singapur, ISEAS
Saifullah, 2010, Sejarah dan Kebudayaan Islam di Asia Tenggara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ruding Yimuseng (Wakil Ketua PMIPTI cabang Sumatera Barat), Wawancara Langsung, pada tanggal 22 November 2017, 16.45 WIB di Kampus IAIN Bukittinggi.
Syaifuklah, 2010, Sejarah dan Kebudayaan Islam di Asia Tenggara, Yigyakarta, Pustaka Pelajar.
Wan Kamal Mujani, 2002, Minoritas Muslim, Malaysia, Sarikat Percetakan Putra Jaya.
W. K. Che Man, 2008, Melayu Muslim Selatan Thai,Selangor: Karisma Publications Sdn. Bhd. Shah Alam.