About the Journal

Tentang Jurnal Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi

Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian-penelitian yang termasuk dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi serta bidang serumpun seperti arsip, dokumentasi dan museum ISSN: 2339-1456, e-ISSN: 2614-3801

Fokus dan Ruang Lingkup 
Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian-penelitian yang termasuk dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Meliputi: Kajian Ilmu Perpustakaan, Ilmu Informasi, Organisasi Informasi, Literasi Informasi, Manajemen Pengetahuan, Pengelolaan Perpustakaan, Manajemen Kearsipan, Dokumentasi, dan Kajian Ilmu Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi lainnya. 

Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi dikelola sepenuhnya oleh Program Studi Diploma Tiga Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang  dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober

Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi adalah jurnal ilmiah sebagai media untuk peningkatan wawasan tentang ilmu perpustakaan Program Studi Diploma Tiga Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang.

Adapun Visi Misi Prodi 

Unggul dan kompetitif dalam pengkajian dan pengembangan ilmu perpustakaan dalam perspektif keislaman dan keindonesiaan di Asean tahun 2037”

1. Mengembangkan keilmuan dan keterampilan profesi di bidang ilmu perpustakaan.
2. Meningkatkan kemampuan berpikri kritis dan analitis mahasiswa dalam bidang Ilmu Perpustakaan.
3. Menjalin kerjasama keilmuan dan kemitraan profesi dalam bidang perpustakaan dengan instansi/lembaga yang relevan dengan bidang keilmuan Perpustakaan.
4. Mempersiapkan tenaga siap siap pakai untuk dunia kerja yang relevan.

 

Tujuan

1. Menguasai dasar-dasar keilmuan dan keterampilan di bidang perpustakaan.
2. Memiliki kemampuan profesional dalam bidang perpustakaan pada tingkat Madya.
3. Bersikap dan berperilaku sesuai dengan norma-norma keislaman dan keilmuan dalam kehidupan bermasyarakat dan berkarya dalam bidang profesinya.
4. Mampu mengikuti perkembangan dunia perpustakaan baik lokal, regional, nasional, maupun internasional.