Main Article Content

Abstract

Artikel ini mencoba memperkenalkan tentang hadits dan historiografi islam maksudnya adalah pengaruh hadits dalam penulisan sejarah pada masa awal perkembangan  agama islam, hadits adalah  sumber kedua sebagai pedoman hidup umat islam. hadits memberi andil yang sangat besar terhadap perkembangan sejarah islam, karena sejarawan islam pada masa awal, terfokus pada penulisan biografi nabi Muhammad SAW dan juga perang-perang penting yang dilakukan oleh rasulullah, secara otomatis tokoh utama dari tulisan tersebut adalah nabi Muhammad SAW yang membawa islam kepermukaan bumi ini. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberi gambaran bahwa pada masa awal perkembangan islam, hadits hadir sebagai sumber rujukan utama dalam penulisan sejarah, selain itu metode penulisan hadits juga dipakai dalam penulisan sejarah.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, mulai dari pencarian sumber (Heuristik) yang hanya sebatas pada buku-buku sejarah yang ada di perpustakaan-perpustakaan, kemudian Kritik Sember (kritik internal dan eksternal), verifikasi dan yang terakhir adalah Historiografi. Maka dari itu artikel ini menjelaskan secara gamblang bagaimana pengaruh hadits dalam historiografi pada masa awal perkembangan islam. Sebahagian besar dari penulis sejarah adalah mereka yang juga merupakan seorang muhaddisun atau penulis hadits, maka dari itu kebanyakan dari karya-karya sejarah baik secara metode dan sumber memiliki kesamaan dengan hadits.

Keywords

Hadith Islamic Historiography Prophet Muhammad SAW Muhaddisun Remove Hadith Prophet Muhammad SAW, Muhaddisun

Article Details

How to Cite
Afdayeni, M. (2020). Hadist dan Histografi Islam. Tabuah, 24(1), 15-24. Retrieved from https://rjfahuinib.org/index.php/tabuah/article/view/264

References

  1. Abdullah, Taufik dan Surjomihardjo, Abdurrachman,1985, Ilmu Sejarah dan Historiografi Arah dan Perspektif, Jakarta: PT. Gramedia.
  2. Abdullah, Ghani, Abdul, Yusri, 2004, Historiografi Islam Dari Masa Klasik Hingga Modern, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  3. Azyumardi Azra, “Historiografi Islam Indonesia: Antara Sejarah Sosial, Sejarah Total, dan Sejarah Pinggir”, Menjadi Indonesia: 13 Abad Eksistensi Islam di Bumi Nusantara, Jakarta: Mizan, 2006.
  4. Azyumardi Azra, "Peranan Hadits dalam Perkembangan Historiografi Awal Islam", Orasi Ilmiah disampaikan dalam Dies Natalis ke-36 IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 31 Juli 1993.
  5. Effat al-Sharqawi, Filsafat Kebudayaan Islam, Bandung: Penerbit Pustaka, 1986
  6. Fatihunnada, Hadits dan Sirah Dalam Literatur Sejarawan Nusantara, Jurnal Living Hadits,Vol.I. No.2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  7. Gumilar, Setia, 2017, Historiografi Islam Dari Masa Klasik Hingga Modern, Bandung: CV. Pustaka Setia
  8. Herawati, Ira, 2005,Sejarah Kebudayaan Islam, Angkasa Group, Bandung
  9. Kuntowijoyo, Metodologi Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003
  10. Poerwadarminta, W.J.S. kamusumumbahasa Indonesia, (Jakarta: balai pustaka,1991), cet.IIX
  11. Saefullah,Yusuf, Dkk, Ulumul Hadits, Cirebon.
  12. Taufiqurrahman, 2006, penelitian Hadits Tinjauan Kritis Dengan Pendekatan Filosofis, Jakarta: Hayfa Press.
  13. Tohir,Ajib, 2014, Filologi Nusantara, Jurnal Taswirul Afkar,Edisi No. 34, Jakarta
  14. Umar ,H.A. Muin, 1988, Historigrafi Islam,(Jakarta: CV. Rajawali,)
  15. Yatim, Badri, 1997, Historiografi Islam. (Jakarta: Logos Wacana Ilmu,)